Kamis, 27 Agustus 2015

My Umroh Trip

✡️اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ🕎​

Alhamdulillah Yaa Rabb, akhirnya saya diberikan kesempatan menjadi tamuMu sekitar 4 bulan yg lalu, tepatnya 7 - 15 April 2015. Saya Umroh bersama Keluarga dan teman-teman saya. Saya memakai travel "Nur travel" dengan bimbingan Habib Ali dan Habib Hamzah.
Saya ingin sekali berbagi disini karena ini adalah pengalaman ibadah umroh saya yang pertama :)

Hari Selasa tepatnya tanggal 7 April Jam 08.00 pagi saya terbang dr bandara A.yani semarang menuju ke bandara Soetha Jakarta menggunakan Batik Air. Sampai di jakarta pukul 09.00, disana saya tukarkan rupiah saya dg uang riyal, ternyata menukarkan uang pada calo dibandara lebih mahal drpd menukarkan uang pd money changer yg sudah tersedia di loket² bandara yg ada. Setelah kami transit 5 jam di Soetha, akhirnya pukul 14.00 kami berangkat langsung menuju Madinah,menggunakan pesawat Saudi arabia dg lama perjalanan selama 10 jam, perbedaan waktu di Indonesia dg Arab kurang lebihnya 4 jam, jika di Indonesia pukul 24.00 maka di Arab masih pukul 20.00 AST. Ya kami tiba di Bandara King abdul Azis pukul 20.00 AST. Alhamdulillah pas di bandara King Abdul Azis saya beserta rombongan tidak mendapat hambatan dengan pihak Imigrasi disana. Dan prosesnya pun begitu cepat.

Sesampainya di Madinah kami makan malam sebentar lalu kekamar hotel, dan beristirahat krn besoknya pagi² kami harus berkumpul di Loby.
Selama 4 hari kami di Madinah.
Kegiatan² kami antara lain :
Ibadah solat 5 waktu di masjid Nabawi yg berada di seberang hotel kami persis, mengunjungi makam nabi Muhammad dan istrinya Aisyah, atau bisa disebut dg ziarah ke Roudhoh, ambil air zam-zam,dan di jam bebas kami jalan-jalan, foto-foto, dan belanja di kota Madinah, lalu ada juga dihari terakhir kami di Madinah kami tour-tour ke beberapa tempat disana.

Selesai di Madinah, pada hari ke-4 kami melakukan perjalanan ke Mekkah menggunakan Bus yg telah disediakan oleh agen tour kami, perjalanan madinah ke mekkah kurang lebihnya adalah 4 jam. Dalam perjalanan pun kita sempat mampir ke Tan'im utk ambil miqot umroh.
Sesampainya di Mekkah, kami langsung menuju hotel, yaitu Hotel Zam-zam pullman makkah yg berada didepan persis masjidil haram.

Waktu itu kami tiba di mekkah skitar pukul 03.00 dini hari, kami langsung menuju Masjidil Haram utk melaksanakan ibadah umroh kami yg pertama kali.
Dimulai dr saling meminta maaf dan meminta restu pada para suami dan orang tua, dilanjutkan menuju ke Ka'bah untuk tawaf sebanyak 7x, setelah tawaf lalu sa'i mengitari bukit safa ke marwah sebanyak 7x, lalu tahalul dan selesai lah ibadah umroh kami yg pertama.

Esoknya acara bebas pun kami isi dg solat 5 waktu di masjidil haram, jalan-jalan, hunting foto dan shopping. Saya membeli banyak oleh-oleh untuk tetangga,kerabat,dan juga teman-teman dekat, banyak pedagang² disana yg bisa mengerti bahasa kami dan beberapa pedagang pun bisa berbahasa indonesia.
Dan dihari berikutnya, kami kembali mengambil miqot umroh untuk melaksanakan ibadah umroh untuk ke-2x nya, yaitu mengumrohkan nenek saya yg sudah lama meninggal.
Dihari terakhir, kami melakukan perjalanan tour-tour di kota mekkah dan yg terakhir adalah Jeddah.
Lalu kami pulang ke Indonesia menggunakan pesawat Saudi arabia di bandara saudi airlines, Jeddah.